Jogja Fashion Week

Jogja Fashion Week

Jogja Fashion Week atau biasa disingkat JFW adalah acara yang rutin di selenggarakan di Yogyakarta setiap tahun. Sesuai namanya, acara ini menampilkan berbagai acara yang berkaitan dengan fashion, seperti peragaan busana, pameran, seminar, karnaval jalanan (street carnival) dan sebagainya. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2006, tepatnya pada tanggal 30 November sampai 3 Desember 2006 yang bertempat di Atrium Plaza Ambarukmo. Dengan visi yang diusung yaitu menjadi pintu gerbang fashion di Indonesia, maka acara ini berusaha untuk menampilkan desain- desain yang segar di bidang fashion.

Tempat acara terbagi ke dalam dua lokasi. Untuk pameran, peragaan busana, dan seminar biasanya mengambil lokasi di Jogja Expo Center (JEC). Lokasi yang kedua yaitu untuk karnaval fashion on the street yang mengambil lokasi di Jalan Malioboro. Karnaval fashion sengaja mengambil lokasi di Jalan Malioboro karena lokasi ini merupakan pusat pariwisata di Jogja sehingga mampu menjadikan karnaval ini sebagai atraksi budaya yang bisa dinikmati para wisatawan yang sedang berkunjung ke kawasan wisata belanja Malioboro.

Dalam karnaval fashion di jalan ini ditampilkan berbagai busana karnaval yang dirancang cukup menarik. Panampilan para peserta karnaval yang atraktif serta busana yang menarik membuat wisatawan maupun warga yang sedang berada di sepanjang Jalan Malioboro terlarut dalam kemeriahan. Banyak di antara wisatawan yang mengabadikan momen ini dengan berfoto bersama dengan para peserta karnaval. Hal ini tentunya memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan yang menyaksikan, bahwa selain terkenal dengan wisata budaya, Jogja juga kaya akan kreativitas. Sebuah hal yang positif untuk perkembangan pariwisata di Jogja.

Artikel Terkait