Jogja International Street Performance

Jogja International Street Performance

Jogja International Street Performance (JISP) adalah sebuah acara budaya yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara yang melibatkan seniman, budayawan, koreografer, dan performing art, baik lokal maupun dari luar negeri tersebut bertujuan untuk semakin menambah daya tarik wisata Yogyakarta sehingga wisatawan akan lebih tertarik untuk berkunjung ke Jogja. Selain itu acara seperti ini juga sebagai wujud apresiasi pemerintah daerah terhadap dunia seni dan pertunjukan.

Sesuai dengan namanya, acara ini menampilkan atraksi karya para seniman baik dari dalam maupun luar negeri. Dari dalam negeri, ada perwakilan dari kelompok-kelompok seni di Yogyakart, Bali, Lombok, Jakarta, dan lain- lain. Sedangkan dari luar negeri ada perwakilan dari Meksiko, Jepang, India, China, Belanda, dan beberapa negara lain. Khusus untuk penampil dari Jogja, ada perwakilan dari tiap kabupaten yang ada di DIY.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini diselenggarakan di dua tempat berbeda. Pertama yaitu untuk pertunjukkan seni diadakan pada hari pertama penyelenggaraan dengan mengambil tempat di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Untuk hari kedua yaitu berupa performing art yang bertajuk Jogja International Street Carnival. Untuk tahun 2012, acara ini diadakan di area Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), tepatnya di Kompleks Grha Sabha Pramana. Dalam acara tersebut ditampilkan berbagai kostum unik dan menarik hasil rancangan para desainer professional. Dalam street carnival ini, mayoritas penampill adalah perwakilan dari kampus, sekolah, maupun sanggar seni. Mereka menampilkan berbagai atraksi, tarian, serta peragaan busana yang cukup menarik.

Artikel Terkait