Jogja Java Carnival (Night Carnival)

Jogja Java Carnival (Night Carnival)

Jogja Java Carnival adalah karnaval budaya yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Yogyakarta yang jatuh pada tanggal 7 Oktober. Acara ini digelar sebagai puncak peringatan ulang tahun Kota Yogya sehingga dikemas sangat atraktif. Karnaval ini dahulu digelar rutin setiap tahun dengan dana yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Yogyakarta, akan tetapi mulai tahun 2012 karena terganjal Peraturan Menteri Dalam Negeri terkait hibah dan bantuan sosial sehingga belum ada kejelasan tentang pelaksanaanya. Hal ini terkait dengan dari mana dana yang akan digunakan untuk pelaksanaan acara ini.

Karnaval yang berlangsung dimalam hari ini menampilkan berbagai atraksi kendaraan yang dihias dengan berbagai tema. Para peserta tak hanya berasal dari Yogyakarta dan daerah sekitarnya,akan tetapi juga ada beberapa partisipan dari luar negeri. Masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya sangat antusias untuk menyaksikanya, sehingga setiap pelaksanakan acara ini selalu akan dipadati pengunjung yang berada di sepanjang Jalan Malioboro hingga ke Alun-Alun Utara.

Foto-foto Jogja Java Carnival yang tersaji di website ini adalah yang diadakan pada tahun 2011 lalu. Saat itu tema yang diusung adalah ‘Magniworld’. Dengan tema yang memiliki makna dunia yang indah (magnificent world), maka para penampil pun menyajikan keindahan kreasi baik kostum maupun aksesoris yang digunakan dalam karnaval. Kreativitas yang mereka sajikan mengundang decak kagum setiap penonton yang menyaksikan.

Sebagai acara budaya yang sudah cukup terkenal, tidak hanya di Jogja tetapi sudah menasional, Jogja Java Carnival sangat efektif dijadikan sebagai sarana promosi pariwisata Kota Jogja. Terbukti pelaksanaan acara ini mampu menyedot puluhan ribu pengunjung dari Jogja maupun berbagai daerah di tanah air. Mulai dari tempat start di komplek Taman Parkir Abu Bakar Ali di sisi utara Malioboro, sepanjang Jalan Malioboro yang membentang sekitar 1 km, hingga ke Alun- Alun Utara akan penuh sesak dengan penonton yang menyaksikan acara ini.

Artikel Terkait