Kirab Budaya Peringatan HUT Kota Yogyakarta ke-257

Kirab Budaya Peringatan HUT Kota Yogyakarta ke-257

Tepat pada tanggal 7 Oktober 2013 Kota Madya Yogyakarta genap berusia 257 tahun. Perayaan HUT Kota Jogja tersebut disemarakan dengan berbagai kegiatan, yaitu berupa pawai budaya di tiap Kecamatan di Kota Madya Yogyakarta, pesta rakyat di Malioboro, serta puncaknya adalah kirab budaya dan pisowanan agung. Kirab budaya ini merupakan pengganti dari puncak perayaan HUT Kota Jogja yang sebelumnya berupa karnaval malam hari yaitu Jogja Java Carnival.

Kirab budaya peringatan HUT Kota Jogja tahun 2013 ini diikuti oleh berbagai pihak, mulai dari prajurit Keraton Kesultanan Yogyakarta, perwakilan masing-masing kelurahan dan kecamatan, padepokan seni, komunitas sepeda, dan lain sebagainya. Mereka mengenakan berbagai kostum dan atribut menarik dalam acara tersebut. Kirab dimulai dari taman parkir Ngabean dan berakhir di Alun-Alun Utara untuk kemudian dilanjutkan dengan pisowanan agung di pendopo Keraton Yogyakarta.

Acara kirab yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB tersebut sangat menarik antusiasme berbagai pihak, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara yang sedang berkunjung ke Jogja, maupun warga masyarakat Jogja sendiri. Hal ini ditandai dengan penuh sesaknya penonton di sepanjang jalan yang dilalui kirab. Walaupun kondisi cuaca sangat panas terik namun tidak menyurutkan niat mereka untuk menikmati atraksi budaya yang cukup akbar ini.

Pawai budaya diawali dengan pasukan keraton yang kemudian disusul oleh perwakilan tiap-tiap kecamatan, kelurahan, komunitas, dll. Tiap kecamatan berusaha untuk menampilkan sesuatu yang unik yang menjadi ciri khas daerah tersebut, seperti tumpeng raksasa dari bakpia khas Pathuk dan sebagainya. Selain itu ada juga pertunjukan kuda lumping atau biasa disebut jathilan, tari-tarian, hingga atraksi barongsai. Hal ini menunjukkan kekayaan budaya di Yogyakarta yang terdiri dari berbagai etnis dan budaya. Sebagai acara budaya yang cukup menarik, kirab budaya perayaan ulang tahun Kota Jogja ini bisa menjadi salah satu referensi kunjungan wisata ke Yogyakarta.

Artikel Terkait