Malioboro – Kawasan Wisata Belanja dan Jalan-Jalan Asyik di Jogja

Malioboro – Kawasan Wisata Belanja dan Jalan-Jalan Asyik di Jogja

Malioboro, sebuah nama yang sudah cukup populer di Yogyakarta khususnya, dan di Indonesia pada umumnya . Hampir semua orang semua orang Jogja mengetahui dan sudah pernah berkunjung. Malioboro adalah sebuah pusat ekonomi dan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata ini terletak pada garis lurus yang menghubungkan Keraton Kesultanan Yogyakarta dengan Tugu Yogya, sebuah landmark yang juga cukup popular di Jogja.

Sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi, kawasan ini menyediakan berbagai fasilitas dan produk yang ditawarkan. Di sini terdapat pusat-pusat perbelanjaan besar, gerai batik, tempat kuliner, dan lain-lain. Yang cukup menarik bagi wisatawan sebenarnya adalah pedagang kaki lima yang berada di sepanjang emperan malioboro, baik di sisi barat maupun timur jalan. Aneka produk kerajinan khas Jogja tersedia disini, mulai dari baju batik, pernak pernik, kerajinan kayu, souvenir, dan lain sebagainya. Jika kita capek berjalan keliling, maka kita bisa menggunakan jasa angkutan tradisional yang berupa becak dan andong. Tarif yang ditawarkan cukup terjangkau.

Kawasan jalan Malioboro ini juga sering digunakan untuk berbagai parade dan karnaval budaya. Event yang rutin dilaksanakan seperti Jogja Java Carnival (Night Carnival), Jogja Fashion Week, Pekan Budaya Tionghoa, dan sebagainya. Hal ini tentu saja menambah daya tarik kawasan wisata belanja ini. Bagi para pelancong dari luar Jogja, di kawasan ini juga terdapat puluhan hotel, dari yang kelas melati hingga hotel berbintang. Pada saat liburan panjang, biasanya hotel-hotel tersebut akan terisi penuh oleh wisatawan. Jika anda berencana liburan di Jogja pada saat-saat tersebut, maka pastikan bahwa anda sudah booking penginapan sebelumnya untuk kenyamanan anda berlibur di Jogja.

Artikel Terkait