Titik Nol Kilometer Jogja

Titik Nol Kilometer Jogja

Tahukah anda dimanakah letak titik nol km Yogyakarta? Mungkin sebagian dari anda sudah tahu, akan tetapi ternyata banyak juga yang belum tahu akan hal ini. Titik nol tersebut terdapat di persimpangan Kantor Pos Besar. Lokasi ini sangat strategis karena berada pada pusat pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada sisi barat daya perempatan terdapat Bank BNI 46, Kantor Pos Besar dan Bank Indonesia pada sisi tenggara, monumen serangan umum 1 maret pada sisi timur laut, serta Gedung Agung pada sisi barat laut. Gedung Agung ini pernah dijadikan sebagai kantor kepresidenan ketika Yogyakarta menjadi Ibu Kota Republik Indonesia.

Sekitar 100 meter lurus ke arah selatan terdapat alun-alun utara dan Keraton Yogyakarta, sedang 100 meter ke utara terdapat Pasar Beringharjo serta Malioboro. Sebagai persimpangan yang sangat strategis, daerah titik nol ini juga sering dijadikan sebagai lokasi aksi damai, demonstrasi, serta karnaval budaya. Sepanjang hari, khususya pada akhir pekan Sabtu dan Minggu, maka sekitar perempatan ini akan sangat ramai dengan wisatawan yang akan menuju Keraton, alun-alun, maupun Malioboro. Karena posisinya yang cukup strategis dalam hal pariwisata di Yogyakarta, pemerintah daerah juga memberikan perhatian terhadap daerah ini dengan membangun taman kecil yang menambah asri kawasan ini.

Pada malam hari suasana semakin indah dengan gemerlap lampu kota yang menyinari serta bangunan klasik dari Bank BNI 46, Kantor Pos Besar, dan Bank Indonesia yang disorot lampu kuning keemasan. Tak heran jika banyak wisatawan maupun warga lokal yang mengabadikan momen dengan berfoto-foto di kawasan ini pada malam hari. Banyak juga wisatawan yang sekedar nongkrong di daerah ini untuk menghabiskan malam di Kota Jogja.

Peta Lokasi

Artikel Terkait