Curug Sidoharjo – Air Terjun nan Indah di Samigaluh Kulon Progo

Curug Sidoharjo – Air Terjun nan Indah di Samigaluh Kulon Progo

Curug Sidoharjo merupakan wisata air terjun yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, DIY. Disebut curug karena hal ini yang sering disebut warga sekitar untuk menunjuk air terjun ini. Tidak seperti objek wisata lain yang bisa dinikmati sepanjang tahun, wisata ini hanya ramai dikunjungi ketika mulai pertengahan musim penghujan. Hal ini dikarenakan air hanya mengalir ketika musim hujan, sedang saat kemarau akan kering. Objek wisata ini belum dikelola baik oleh pemerintah daerah maupun warga setempat sehingga belum ada pungutan retribusi wisata.

Curug Sidoharjo bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor maupun mobil. Dari perempatan Pasar Dekso berjarak sekitar 5 kilometer. Dari perempatan ke arah barat kemudian belok kanan ke a rah MTSn Sidoharjo. Tepat disebelah MTSn ada jalan menanjak ke kiri. Dari sini tinggal sekitar 500 meter ke rumah kepala dusun setempat yang biasa digunakan sebagai lokasi parkir kendaraan. Hal ini dikarenakan kendaraan tidak bisa mencapai dekat lokasi air terjun.

Dari rumah kepala dusun, kita harus berjalan kaki menuju lokasi sekitar 300 meter. Jalur ini berupa jalan setapak melewati tepi persawahan. Dari sini terlihat hamparan luas persawahan dengan background perbukitan dibelakangnya. Jika musim penghujan, maka jalan akan licin karena masih berupa tanah liat. Pada sebelah kiri jalan terdapat saluran air yang berasal dari mata air yang sama dengan air di curug tersebut. Air yang mengalir cukup jernih karena merupakan air tanah, bukan air permukaan. Air yang berlimpah ini dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari maupun irigasi. Disepanjang jalan setapak menuju lokasi maka kita bisa menyaksikan hamparan hijau berbagai tanaman dan aneka bunga yang tumbuh dengan sendirinya. Pada sisi kiri menjulang tebing-tebing tinggi yang indah.

Sesampainya dilokasi maka kita akan takjub dengan tebing setinggi sekitar 75 meter yang disertai derasnya air. Di lokasi ini pengunjung bisa bermain air sepuasnya. Jika ingin mendapatkan pemandangan yang lebih indah lagi maka bisa naik ke sisi atas air terjun. Akan tetapi jalur menuju kesana cukup terjal dan banyak anjing galak yang berkeliaran. Jadi bagi yang takut anjing sebaiknya tidak pergi sendiri. Dari atas hamparan pemandangan terlihat lebih luas. Jika anda berencana untuk mengunjungi Curug Sidoharjo maka sebaiknya datang sekitar bulan Maret dan April karena air akan cukup deras sekitar bulan tersebut. Selain itu pengunjung juga harus membawa bekal minum dan snack sendiri karena di sekitar lokasi belum ada penjual yang menyediakan.

Video

Artikel Terkait