Eksotisme Gunung Api Purba Nglanggeran

Eksotisme Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung api purba Nglanggeran merupakan gunung api yang aktif puluhan juta tahun lalu, namun saat ini sudah tidak aktif lagi. Gunung yang berbentuk bongkahan batu andesit raksasa ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk saat ini nglanggeran sudah menjadi objek wisata alam yang mulai populer. Dari pusat kota Jogja berjarak sekitar 25 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit saja dengan kendaraan bermotor. Jalan yang menuju ke tempat wisata ini sudah beraspal halus sehingga bisa dilalui oleh mobil, bahkan bus pariwisata sekalipun. Dari Polsek Patuk lokasi ini masih berjarak sekitar 8 km.

Setelah sampai dilokasi pengunjung bisa beristirahat sejenak di sebuah pendopo joglo yang disediakan. Tiket masuk lokasi wisata adalah Rp 3.000,00 per orang untuk siang hari dan Rp 5.000,00 per orang untuk malam hari. Cukup murah bukan? Jika anda menginginkan paket tracking yang didampingi pemandu maka tersedia paket mulai harga Rp 25.000,00 tiap orangnya. Untuk lebih merasakan suasana petualangan, maka tanpa pemandu pun akan semakin asik. Di sebelah titik start pendakian sudah disediakan peta jalur pendakian yang bisa dijadikan panduan agar tidak tersesat nantinya. Jalur pendakian gunung ini masih berupa jalan setapak yang sempit namun sudah dibuat cor semen oleh karang taruna setempat sebagai pihak pengelola kawasan wisata ini.

Sekitar 30 menit pendakian maka kita akan sampai di puncak Gunung Gede. Sebelum puncak ini pengunjung akan melewati celah cukup sempit dengan lebar sekitar 50 cm saja yang merupakan jalan satu-satunya. Hal ini cukup membuat sulit untuk pengunjung yang berbadan besar atau membawa ransel besar. Dari puncak Gunung Gede pengunjung bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian. Hamparan sawah hijau yang luas serta gugusan awan terlihat sangat indah dan menakjubkan. Melihat pemandangan yang luar biasa ini maka anda pasti tak akan melewatkan momen untuk berfoto-foto. Setelah puas menikmati pemandangan, kita bisa melanjutkan pendakian menuju puncak yang lain. Selain Gunung Gede, ada beberapa puncak gunung yang diberi nama berdasarkan bentuknya yaitu Gunung Lima Jari, Gunung Wayang, dan Gunung Kelir. Dari puncak-puncak tersebut pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah, terlebih lagi pada waktu pagi dan sore ketika matahari terbit dan tenggelam.

Peta Lokasi

Artikel Terkait