Embung Nglanggeran – Pesona Wisata Air diatas Bukit Karst

Embung Nglanggeran – Pesona Wisata Air diatas Bukit Karst

Embung Nglanggeran adalah objek wisata berupa waduk tampungan air buatan yang berada di kawasan ekowisata gunung api purba Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Wisata ini berada kurang lebih 1,5 km dari TPR Gunung Api Purba Nglanggeran. Untuk mencapai lokasi ini pengunjung harus melalui jalur yang masih dalam tahap pembangunan dan masih berupa bebatuan yang diratakan. Hal ini cukup menyulitkan terutama bagi pengendara motor sehingga harus ekstra hati-hati agar tidak terjatuh. Untuk memasuki kawasan wisata Embung Nglanggeran setiap pengunjung dikenakan tarif masuk Rp 3.000 dan biaya parkir kendaraan. Dari TPR jarak yang harus dilalui masih beberapa ratus meter dan jalur masih sama yaitu berupa jalan bebatuan yang menanjak. Memang butuh perjuangan keras untuk bisa sampai ke lokasi.

Sesampainya di area parkir wisata, pengunjung masih harus berjalan kaki menuju ke embung dengan menapaki tanjakan yang berupa tangga berjenjang. Hal ini cukup membuat keringat terkuras, terutama saat siang hari yang panas terik. Namun susah payah perjalanan menuju lokasi ini akan segera terbayar ketika kita menapakkan kaki di tepi danau buatan ini karena akan takjub dengan keindahan alam yang disajikan. Hamparan air embung yang cukup cantik terlihat hijau dengan latar belakang hamparan awan dan pemandangan indah dari atas bukit.

Apabila suasana cukup terik pada siang hari maka pengunjung bisa menikmati pemandangan sambil berteduh di pendopo yang sudah disediakan pengelola dibagian atas dari embung. Jika menginginkan suasana yang sejuk dan alami maka dengan berjalan sedikit naik dari lokasi ini ada banyak pepohonan asri yang sering dimanfaatkan pengunjung untuk berteduh dan sekedar ngobrol santai sambil menikmati pemandangan alam pegunungan karst.

Sebenarnya tujuan utama dari dibangunya embung Nglanggeran ini adalah untuk keperluan pengairan kebun buah yang sedang dibuat disekitar lokasi ini. Tanaman buah utamanya yaitu berupa durian dan kelengkeng. Kedepan kebun buah ini akan menjadi obyek wisata yang menarik karena luas kebun buah yang mencapai 20 hektar ini berada dikawasan ekowisata yang terpadu yaitu gunung api purba, embung, dan kebun buah itu sendiri. Hal ini tentu saja akan menambah cantik kawasan wisata gunung api purba Nglanggeran.

Peta Lokasi

Artikel Terkait