Embung Tambakboyo – Wisata Alternatif Murah Meriah nan Menawan

Embung Tambakboyo – Wisata Alternatif Murah Meriah nan Menawan

Embung Tambakboyo merupakan sebuah waduk buatan yang memiliki fungsi utama sebagai tampungan air untuk keperluan irigasi dan cadangan air PDAM pada musim kemarau. Walaupun demikian Embung Tambakboyo lebih dikenal masyarakat sebagai sarana rekreasi alternatif karena keindahan dan lokasinya yang berada cukup strategis yaitu di pinggiran kota. Selain sebagai sarana rekreasi, tempat ini juga digunakan para pencinta mancing untuk menyalurkan hobinya. Di danau yang memiliki kapasitas tampungan air 400.000 M3 ini terdapat berbagai jenis ikan yang bisa dijadikan obyek pancingan, diantaranya adalah ikan lele, nila, wader, dan lain sebagainya.

Karena lokasi yang cukup dekat dengan lingkungan kampus, maka tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk berolahraga ringan oleh para mahasiswa maupun warga sekitar seperti jogging dan bersepeda pada waktu pagi dan sore hari. Untuk keperluan tersebut Embuk Tambakboyo cukup mendukung karena memiliki jalan halus berkonblok pada bagian pinggirnya yang dipadu dengan keindahan pemandangan air dan alam sekitar.

Untuk menuju ke lokasi Embung Tambakboyo aksesnya cukup mudah. Dari perempatan jalan lingkar utara kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogja lurus ke utara sekitar 1 KM. Sampai perumahan akan terdapat papan petunjuk arah lokasi yang tinggal beberapa ratus meter saja. Tarif masuk lokasi inipun sangat terjangkau yakni Rp 2.000 untuk 1 sepeda motor. Hal ini dikarenakan fungsi utama lokasi yang digunakan untuk keperluan irigasi dan cadangan air, bukan untuk obyek wisata. Yang menjadi kekurangan tempat ini adalah banyaknya sampah berserakan di waduk dan tidak tersedianya fasilitas umum seperti toilet dan tempat ibadah.

Peta Lokasi

Artikel Terkait