Pantai Glagah Indah yang Menawan

Pantai Glagah Indah yang Menawan

Pantai Glagah indah atau yang sering disebut Pantai Glagah adalah sebuah obyek wisata pantai yang terletak di Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Temon. Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Jogja atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Pantai yang merupakan salah satu obyek wisata terpopuler di Kabupaten Kulonprogo ini menawarkan obyek yang beragam, mulai dari pantai, danau buatan, sungai, kebun buah naga, dan sebagainya. Di Pantai Glagah juga dibangun pelabuhan yang akan dimanfaatkan untuk keperluan transportasi barang.

Berbeda dengan awal mulanya yang menonjolkan pantai sebagai obyek utama, maka semenjak pembangunan pelabuhan dengan benteng beton pemecah ombaknya maka spot ini menjadi lebih populer. Disini wisatawan bisa menguji nyali dengan menantang deburan ombak besar yang siap mengguyur pengunjung yang berada di dekatnya. Selain itu dari tempat ini hamparan pemandangan yang cukup lengkap juga terlihat, seperti pantai dengan ombaknya, pelabuhan, dan kumpulan beton yang disusun untuk menghalau gelombang. Di tempat ini juga banyak dijumpai para pemancing yang lengkap membawa peralatan pancing laut mereka. Karena dipantainya tidak diperbolehkan untuk berenang terkait dengan bahaya ombak besarnya, maka di sekitar pantai juga tersedia kolam renang air tawar yang disewakan. Namun demikian kolam renang ini hanya diperuntukkan bagi anak-anak.

Selain objek wisata pantai, pada bagian tepi laut terdapat obyek wisata yang menarik juga, tepatnya di dekat kawasan parkir, yaitu berupa danau air tawar buatan yang cukup besar. Pada danau ini terdapat banyak perahu yang khusus disediakan untuk wisata air bagi para pengunjung. Tarif yang ditawarkan pun cukup murah yaitu Rp 5.000 untuk satu orang sekali jalan. Dari perahu ini pengunjung akan bisa menyaksikan pemandangan yang lain dari Pantai Glagah.
Setelah puas melihat pemandangan maupun bermain air pantai, maka pengunjung bisa menikmati aneka kuliner yang terdapat di sekitar danau air tawar. Selain itu bagi wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh banyak pula tersedia di tempat ini, mulai dari baju, topi, souvenir, hingga buah-buahan yang banyak dihasilkan Kabupaten Kulonprogo yaitu melon dan semangka.

Peta Lokasi

Artikel Terkait