Pantai Indrayanti, Destinasi Baru Wisata Gunungkidul

Pantai Indrayanti, Destinasi Baru Wisata Gunungkidul

Pantai Indrayanti yang terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini sebenarnya oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul diberi nama resmi Pantai Pulang Syawal atau biasa disingkat Pantai Pulsa. Obyek wisata ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti dikarenakan adanya papan nama bertuliskan Indrayanti (nama pemilik sekaligus nama cafe dan resto) pada sebuah cafe dan resto pada obyek wisata pantai tersebut. Pantai ini berdekatan dengan pantai yang sudah terlebih dahulu populer seperti Pantai Sundak, Pantai Krakal, dan lain-lain.

Dengan jarak tempuh kendaraan bermotor sekitar 2 jam dari pusat Kota Jogja, pantai yang satu ini cukup menarik untuk dikunjungi. Selain pasir putihnya yang membentang, Pantai Indrayanti juga menawarkan gugusan batu karang pada bagian tepi pantainya. Hal ini menjadikan ikan-ikan kecil terlihat pada jernihnya air yang terbawa ombak. Untuk keperluan menangkap ikan ini, banyak pedagang yang menjual jaring-jaring kecil yang bisa dipakai untuk sekedar menangkap ikan hias warna-warni dan cukup menarik tersebut.

Karena kondisi permukaan pantai yang berkarang, Pantai Indrayanti kurang cocok dijadikan tempat untuk berenang. Selain permukaan batuan yang keras, kondisi kedalaman air yang curam juga cukup membahayakan untuk berenang. Namun demikian pengunjung tetap akan dimanjakan dengan panorama pantai yang indah dengan latar deburan ombak dan luasnya Samudera Hindia. Apabila cuaca sedang panas, maka pengunjung juga bisa menyewa payung yang telah disediakan oleh penyedia jasa sebagai tempat berteduh sembari menikmati suasana pantai.

Ketika puas bermain air dan menikmati keindahan panorama alam, pengunjung juga akan dimanjakan dengan aneka jajanan kuliner yang terdiri dari olahan ikan laut, ikan air tawar, dan aneka menu kuliner yang lain. Karena lokasinya yang cukup strategis, maka tidak mengherankan jika Pantai Indrayanti selalu dipenuhi pengunjung, terutama pada akhir pekan maupun liburan sehingga akan sangat penuh dengan wisatawan.Walaupun ramai pengunjung, namun pantai yang satu ini tetap terjaga kebersihanya karena pihak pengelola pantai menerapkan sanksi berupa denda sebesar Rp 10.000 bagi pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Rupanya hal ini cukup efektif untuk menjaga kebersihan dan kerapian Pantai Indrayanti. Sebuah hal positif yang patut dicontoh oleh pengelola objek wisata lain.

Peta Lokasi

Artikel Terkait