Pantai Pok Tunggal, Pesona Pantai Pasir Putih yang Tersembunyi

Pantai Pok Tunggal, Pesona Pantai Pasir Putih yang Tersembunyi

Pantai Pok Tunggal adalah pantai dengan pasir putih yang terdapat di Gunungkidul, tepatnya di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak di sebelah timur dari pantai yang sudah cukup terkenal di Gunungkidul yaitu Pantai Sundak. Dari pusat Kota Jogja dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor atau mobil dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih 70 km. Akses dari pusat Kota Jogja menuju pantai ini sudah beraspal cukup baik, namun jarak sekitar 1,5 km menuju pantai masih berupa jalan tanah berbatu dengan kombinasi cor semen. Pengunjung harus berhati-hati melalui jalan ini, terutama ketika jalan basah diguyur hujan karena jalan akan menjadi cukup licin.

Walaupun akses sedikit sulit pada jarak 1,5 km dari pantai, namun perjuangan akan segera terbayar dengan keindahan pasir putih pantai yang membentang sepanjang pantai. Pada sisi timur dan barat diapit oleh perbukitan dengan tebing-tebing yang menjulang. Hal ini semakin menambah keindahan pemandangan pantai. Sebagai salah satu pantai yang baru populer, pantai ini masih cukup terjaga kebersihanya. Nama pok tunggal sendiri konon dikarenakan terdapat pohon duras yang cuma ada satu di pantai ini. Pengunjung bisa bebas berenang dalam jarak tertentu dari bibir pantai karena kontur pantai yang cukup landai pada bagian tepi. Hal ini cukup aman untuk berenang karena kedalaman hanya berkisar 1-2 meter saja.

Ketika panas matahari sedang terik, jika tidak ingin menghabiskan waktu untuk mandi atau berenang di pantai maka pengunjung bisa menikmati keindahan ombak pantai dari bawah payung yang telah disediakan oleh pengelola. Dengan biaya sewa 20 ribu saja pengunjung sudah mendapat fasilitas sewa 1 payung yang nyaman untuk berteduh sembari bercengkerama dengan kerabat dan teman- teman sambil menikmati suasana pantai . Pemandangan pantai akan lebih menakjubkan ketika pengunjung menikmatinya dari bukit di sebelah barat pantai. Dari sini wisatawan bisa menyaksikan hamparan pasir putih yang indah dari ketinggian. Dari atas bukit ini penunjung juga bisa bersantai dengan duduk menikmati pemandangan Pantai Pok Tunggal dengan menyewa tempat berteduh berupa gazebo yang telah disediakan. Pengunjung cukup mengeluarkan biaya sewa tempat 20 ribu untuk 1 gazebo kapasitas 2-3 orang.

Peta Lokasi

Artikel Terkait