Pantai Siung – Keindahan Pantai Pasir Putih dan Tebing yang Menjulang

Pantai Siung – Keindahan Pantai Pasir Putih dan Tebing yang Menjulang

Pantai Siung merupakan objek wisata pantai yang cukup terkenal di Yogyakarta. Pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Layaknya pantai-pantai lain di Gunungkidul, Pantai Siung memiliki pasir putih yang cukup indah sehingga menambah daya tarik wisatawan. Tidak seperti pantai terkenal lain yang cenderung kotor oleh sampah, pantai ini masih terjaga kebersihanya. Hal ini dikarenakan akses ke lokasi wisata ini yang terbilang cukup jauh yaitu sekitar 75 km dari pusat kota Jogja sehingga belum terlalu ramai seperti pantai-pantai yang aksesnya lebih dekat. Selain jarak tempuh yang jauh, akses jalan menuju lokasi juga cukup menantang. Jalan sempit dengan tikungan tajam beserta tanjakan maupun turunan mengiringi perjalanan menuju pantai ini. Namun demikian, akses jalan sampai ke lokasi sudah beraspal baik sehingga perjalanan akan terasa menyenangkan.

Susah payah dalam menuju lokasi akan segera terbayar ketika kita melihat air laut yang biru dari turunan terakhir sebelum masuk ke lokasi wisata. Setelah memarkir kendaraan, maka kita bisa menuju pantai berpasir putih ini karena jaraknya yang cukup dekat dengan tempat parkir. Hamparan pasir putih nan indah yang disapu deburan ombak membentang di sepanjang pantai. Siapun yang berkunjung pasti akan tergoda untuk mandi dan berenang dipantai ini karena jernih dan segarnya air. Berenang disini cukup aman karena terdapat gugusan karang datar di sepanjang pantai sehingga kedalaman air hanya sekitar 1 meter saja pada bagian tepi.

Setelah puas bermain air, maka kita bisa menikmati keindahan Pantai Siung dari sudut yang lain yaitu dari bukit yang menjulang di sebelah timur maupun barat pantai ini. Dari atas bukit pengunjung bisa menikmati semilir angin laut sembari menikmati pemandangan Samudera Hindia yang terlihar begitu luas membiru dari ketinggian. Pada bukit yang sebelah barat terdapat karang- karang yang menjulang tinggi yang biasa digunakan sebagai arena panjat tebing oleh berbagai komunitas pencinta alam baik dari Jogja sendiri maupun luar Jogja. Hal ini dikarenakan tebing-tebing di Pantai Siung ini memiliki berbagai jalur pemanjatan dengan berbagai tingkat kesulitan sehingga menjadi surga bagi para pemanjat tebing. Kekayaan variasi tebing ini menjadikan kawasan Pantai Siung sering digunakan untuk berbagai event kompetisi panjat tebing baik tingkat nasional maupun internasional.

Peta Lokasi

Artikel Terkait