Pantai Wediombo – Eksotisme Pantai Berbatu Karang dan Pasir Putih

Pantai Wediombo – Eksotisme Pantai Berbatu Karang dan Pasir Putih

Pantai Wediombo adalah wisata pantai yang cukup terkenal di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Akses menuju lokasi wisata ini terbilang cukup jauh dari pusat kota Jogja yaitu sekitar 85 km. Pantai ini terletak disebelah timur pantai yang cukup terkenal lainya yaitu Pantai Siung.

Tak seperti asal kata wedi ombo yang berarti tanah atau pasir luas, pantai ini justru didominasi oleh gugusan bebatuan yang menghiasi sebagian besar hamparan pantai. Namun justru di sinilah letak keunikan dan daya tarik pantai ini. Karang bebatuan yang ada menjadikan penampakan air di pantai terlihat lebih jernih dan segar. Aneka jenis tumbuhan laut pun kelihatan menghijau di dasar karang. Tampak pula aneka jenis ikan-ikan karang kecil yang cukup indah. Dari bebatuan ini banyak penduduk sekitar yang mencari ikan dengan cara memancing atau menggunakan jaring. Selain memburu ikan, warga sekitar juga mencari kerang yang juga memiliki nilai ekonomis tinggi.

Di Pantai Wediombo juga terdapat pepohonan yang rindang sehingga bisa dijadikan tempat berteduh ketika matahari bersinar sangat terik. Ketika cuaca cerah, maka pemandangan akan terlihat sangat indah. Gugusan bebatuan berpadu dengan ombak-ombak kecil air laut menjadi latar depan birunya laut Samudera Hindia dan langit berawan tipis yang indah. Pemandangan yang begitu indah akan sangat menarik siapa saja untuk mengabadikan momen kunjungan ke pantai ini dengan berfoto-foto ria.

Peta Lokasi

Artikel Terkait